Skip to main content

Dream Bigger, Reach Higher: Intro

Hai!

Ini adalah post pertama aku yang berkaitan dengan pengalaman aku sendiri. Well, judul ini menggambarkan apa yang bakal aku ceritakan di sini, sekaligus penyemangat buat yang baca dan buat aku sendiri. Dream bigger, reach higher. Kurang lebih, artinya: mimpi besar, capaian lebih tinggi. Maksudnya adalah ketika kita punya mimpi yang lebih besar, tentu kita akan mengerahkan upaya yang besar pula untuk tercapainya mimpi itu. Sehingga, hasilnya pun lebih besar.



Dimulai dari akhir tahun 2013. Pada tahun itu, sekolah aku mendapatkan prestasi yang luar biasa di tingkat nasional. Oh ya, kenalin. Aku sekolah di SMK Unggul Sakti Kota Jambi. Sekarang sih, aku udah menyelesaikan Ujian Nasional dan sedang berlibur di rumah. Hahaha..

But, what I want to share is not about UN. Now, here we go...

Logo OSTN SMKOlimpiade Sains Terapan Nasional atau disingkat OSTN adalah salah satu perlombaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) setiap tahun untuk pelajar SMK. Ada 5 bidang yang diperlombakan: Matematika Teknologi, Matematika Non Teknologi, Fisika Terapan, Biologi Terapan, dan Kimia Terapan. Kalau aku bilang, sebenarnya OSTN SMK ini hampir mirip dengan OSN SMA. Beda mata lomba dan jumlah peserta doang. OSTN SMK hanya diwakili satu orang per bidangnya. Nah, OSTN SMK ini sendiri mulai diadakan sejak tahun 2008. Untuk lebih jelas tentang sejarahnya, bisa baca di Sejarah Perjalanan OSN dan OSN SMK.

Okay. Tahun 2013, sekolah aku berhasil mewakili provinsi Jambi untuk empat mata lomba. Pencapaian yang luar biasa. Hanya bidang Fisika Terapan yang diwakili sekolah lain, SMK Pelita Raya. Kelima kontingen Jambi ini berlomba di kota Bandung, Jawa Barat. Dan mereka pulang dengan membawa prestasi yang baik: Juara Harapan I Biologi Terapan dan Juara Harapan I Fisika Terapan. Mungkin prestasi ini sedikit menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di mana SMK Unggul Sakti hanya berhasil mewakili Jambi untuk dua mata lomba, namun mendapatkan Juara II Matematika Non Teknologi dan Juara Harapan I Fisika Terapan. Dalam OSTN SMK ini, juara pertama bakal dapat medali emas, kedua dapat medali perak, dan ketiga dapat medali perunggu. Untuk Harapan I dan Harapan II tetap dapat penghargaan.

Berhubung prestasi tahun itu cukup memuaskan, tahun 2014, sekolah aku menargetkan untuk lebih baik lagi. Maka, di akhir tahun 2013, seusai OSTN SMK 2013, bibit baru mulai dicari.

Aku sempat ditawarin untuk ikut bidang Fisika. Juga untuk ikut bidang Biologi. By the way, aku adalah siswi jurusan Multimedia. Belajar fisika sih ada, tapi biologi sama sekali enggak deng. Cuman, ada mata pelajaran IPA yang isinya tentang pengelolaan lingkungan, limbah, ekosistem, dan sebagainya, bukan detil kayak biologi.

Dulu, waktu masih SMP, aku pernah ikut OSN Biologi. Tapi, berhubung bimbingannya kurang, trus juga aku enggak begitu tertarik, jadi enggak lolos ke tahap lanjut. Kemudian, aku juga pernah ikut Olimpiade Fisika di Universitas Jambi. Dan, aku berhasil dapat juara ketiga. Ini semua menjadi pertimbangan aku buat milih antara fisika atau biologi. Mungkin, jika dilihat-lihat, lebih baik fisika karena udah pernah dapat juara kan. Lagipula, kalau milih biologi, tentu beban lebih berat, karena aku harus mempertahankan prestasi tahun lalu. Menurut kalian, para readers, bidang apa yang bakal aku pilih di OSTN SMK?

Silakan menebak. Hahaha... Kelanjutannya ada di post berikutnya. See ya there!
Silakan berkomentar. ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Dream Bigger, Reach Higher: Am I Daydreaming? Is This Real?

Hai! Teori I, Teori II, dan Praktikum telah usai. Empat hari di Mataram telah kuceritakan pada dua bagian sebelumnya. Ini adalah bagian ketiga. Inilah bagian terakhir dari perjuangan OSTN SMK 2014 di Mataram, NTB. Don't miss this one!

Dream Bigger, Reach Higher: Second Round, the Decisive Battle

Hai! Olimpiade Sains SMK 2014 tingkat kota Jambi telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2014. Hasilnya, aku dan ketiga temanku yang lain berhasil lolos ke tingkat provinsi setelah masing-masing mendapat peringkat tiga besar kota. Di ronde kedua ini, tingkat provinsi, adalah ronde paling menentukan, apakah aku bisa atau tidak untuk mencapai target aku: mempertahankan prestasi tahun lalu dan mendapatkan medali. Jika berhasil menyabet juara pertama di ronde ini, maka dipastikan berangkat mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional.

Dream Bigger, Reach Higher: Kontingen Jambi 2014

Hai! Subjudul kali ini sengaja menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih enak dibaca dan lebih cocok, karena ini berisi tentang kontingen OSTN SMK 2014 dari provinsi Jambi. OSTN SMK 2014 tingkat provinsi Jambi telah usai. Juara pertama tiap bidang berhak mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional. Siapa saja mereka?