Skip to main content

3 Cara Sederhana Memperindah Blog untuk Pemula

Di zaman teknologi sekarang, orang mulai berlomba-lomba untuk membuat blog sendiri. Ada yang bertujuan untuk sekadar berbagi pengalaman, untuk menghabiskan masa luang, untuk menuangkan hobinya, hingga untuk menambah penghasilan. Berbagai artikel dimuat untuk menarik pengunjung agar blog menjadi lebih sering dikunjungi. Agar blog sering dikunjungi, artikel dan tulisan bermanfaat memang merupakan unsur yang penting. Selain itu, originalitas dan kualitas pun menentukan.
Di artikel kali ini, saya tidak akan membahas bagaimana membuat tulisan yang akan sering diklik orang, sebab itu sudah tersedia banyak di berbagai blog. Namun, saya ingin menekankan pentingnya menyusun dan mendesain blog agar tampak indah. Karena, pengunjung akan merasa tertarik untuk sering mengklik blog kita jika enak dipandang.

Bagaimana jika masih pemula?
Berikut 3 cara memperindah blog untuk blogger pemula:

1. Pilih Warna yang Sesuai

Setiap warna memiliki karakter masing-masing. Pilihlah warna yang sesuai dan pas untuk blog kamu. Misalnya, kamu mempunyai blog yang membahas tentang tanaman, maka kamu bisa memilih warna hijau muda dan menjadikannya warna dominan, seperti warna latar.

Tentu saja, untuk tulisan, usahakan menggunakan warna yang gelap, seperti hitam atau coklat. Hindari menggunakan warna terang untuk tulisan, meskipun kamu menggunakan warna latar yang gelap. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam membaca dan hanya akan menimbulkan reputasi yang buruk.

Selain tulisan, usahakan semua item dalam blog kamu memiliki warna yang relevan. Hal ini supaya bisa menimbulkan efek yang hangat untuk dibaca. Misalnya, kamu menggunakan warna biru muda sebagai latar, maka untuk warna judul gunakan warna jingga atau biru tua. Jangan menggunakan warna latar biru namun memilih warna merah untuk tulisan. Hal ini akan menyebabkan tulisan sulit dibaca. Pilih warna terang sebagai warna latar.

Nah, kalau kamu kebingungan memilih warna, kamu bisa menggunakan template. Atau kamu bisa mencoba suggested color.

Jika menggunakan gambar, pastikan warna yang kamu pilih juga cocok dipadukan dengan warna dominan pada gambar. Tips tambahan, jangan menjadikan gambar tile. Sebab, blog akan terkesan berantakan. Bila tidak mempunyai gambar yang berukuran besar, lebih baik tidak usah. Lagipula, ada banyak gambar yang tersedia sebagai template dan kamu bisa menggunakannya sebagai alternatif.

Terakhir, pastikan semua paduan warna yang kamu pilih tidak meniru paduan warna blog lain supaya tetap orisinal.


2. Buat Laman untuk Mengelompokkan Artikel

Kalau kamu mengamati blog yang saya kelola ini, ada tiga buah tab di bawah judul blog: Recently Updated, Who Am I, dan Dream Bigger Reach Higher. Akan terkesan lebih rapi jika kamu mengelompokkan artikel sejenis dalam satu kategori.

Sebenarnya, kamu bisa menggunakan Label untuk hal ini. Namun, Label hanya bisa diklik di dalam suatu artikel. Bagaimana jika kamu ingin membaca artikel berjenis lain yang bukan satu label dengan artikel yang kamu tampak?

Nah, saya membuatkan sebuah halaman khusus untuk semua posting saya tentang Dream Bigger Reach Higher supaya lebih mudah ditemukan. Cukup sekali klik, kamu bisa menemukan semua serial cerita saya di sana. Saya juga membuat halaman untuk menceritakan secara singkat mengenai saya dalam Aku, Saya, Gue.

Pada bagian Recently Updated adalah bagian yang biasa kamu temukan sebagai Home atau Beranda pada blog lain. Bagian ini memuat tentang tulisan yang baru saya publikasikan.

Itulah fungsi dari membuat halaman di dalam blog: cukup sekali klik, kamu bisa menemukan artikel sejenis.

Setelah membuat halaman, jangan lupa untuk mencantumkan semua artikel sejenis dan berikan link. Cara membuatnya cukup mudah. Silakan dibaca di Cara Membuat Halaman pada Blogspot.

UPDATE: Saya telah menambahkan tab lagi, Get My Tips Here!. Peran kedua tab ini adalah sama seperti peran tab yang lainnya. Untuk tab Get My Tips Here!, saya mengalihkannya ke semua postingan yang berlabelkan tips. Caranya dapat dilihat di Memberikan Link pada Tab.


3. Atur Tata Letak dan Font/Tulisan

Tata letak atau layout mempengaruhi kemudahan pengunjung dalam memperoleh informasi. Gunakan tata letak yang sederhana, tidak perlu terlalu 'mewah'.

Aturlah bagian artikel di sebelah kiri dan widget di sebelah kanan. Jika kamu bosan, kamu boleh mengubah tata letaknya. Namun, jangan sering mengubah tata letak, karena akan membuat pengunjung kebingungan.

Selain tata letak, pastikan jenis tulisan dan ukurannya pas untuk dibaca. Hindari menggunakan ukuran tulisan yang terlalu kecil. Untuk judul blog, kamu boleh menggunakan jenis tulisan yang aneh dan berukuran besar. Tetapi, untuk judul artikel dan tulisannya, cukup pilih yang sederhana saja.




Simpel, bukan?

Comments

Popular posts from this blog

Dream Bigger, Reach Higher: Am I Daydreaming? Is This Real?

Hai! Teori I, Teori II, dan Praktikum telah usai. Empat hari di Mataram telah kuceritakan pada dua bagian sebelumnya. Ini adalah bagian ketiga. Inilah bagian terakhir dari perjuangan OSTN SMK 2014 di Mataram, NTB. Don't miss this one!

Dream Bigger, Reach Higher: Second Round, the Decisive Battle

Hai! Olimpiade Sains SMK 2014 tingkat kota Jambi telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2014. Hasilnya, aku dan ketiga temanku yang lain berhasil lolos ke tingkat provinsi setelah masing-masing mendapat peringkat tiga besar kota. Di ronde kedua ini, tingkat provinsi, adalah ronde paling menentukan, apakah aku bisa atau tidak untuk mencapai target aku: mempertahankan prestasi tahun lalu dan mendapatkan medali. Jika berhasil menyabet juara pertama di ronde ini, maka dipastikan berangkat mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional.

Dream Bigger, Reach Higher: Kontingen Jambi 2014

Hai! Subjudul kali ini sengaja menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih enak dibaca dan lebih cocok, karena ini berisi tentang kontingen OSTN SMK 2014 dari provinsi Jambi. OSTN SMK 2014 tingkat provinsi Jambi telah usai. Juara pertama tiap bidang berhak mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional. Siapa saja mereka?