Skip to main content

Cara Membuat Halaman pada Blogspot

Kamu akan menemukan 5 tab yang ada di blog saya: Recently Posted, Who Am I, Dream Bigger Reach Higher, Life Journey Shares, dan Get My Tips Here!. Kelimanya memiliki fungsi yang sama: mempermudah menemukan artikel sejenis.


Tab pertama berisi posting yang terakhir saya publikasikan. Yang kedua berisi auto-biografi singkat saya, dan ketiga berisi serial cerita perjuangan saya. Sementara, yang keempat berisi sejumlah perjalanan hidup. Dan terakhir, yang kelima berisi kumpulan tips. Tahukah kamu bagaimana cara membuatnya?


  1. Buka Blogger.com dan pastikan kamu sudah sign-in. Kamu akan berada di Dasbor/Dashboard.
  2. Klik blog kamu, dan kamu akan berada di Ikhtisar atau Overview.
  3. Pada kumpulan menu di sebelah kiri, klik Laman atau Pages.
    klik laman atau pages

  4. Lalu, klik laman baru.
  5. Ketik judul laman dan isinya.
    ketik judul dan isinya
    laman Dream Bigger Reach Higher
    Laman Dream Bigger Reach Higher
  6. Setelah selesai, klik Publikasikan atau Publish. Atau kamu bisa klik Pratinjau atau Preview untuk melihat dulu sebelum dipublikasikan.
  7. Klik Tata Letak atau Layout.
    klik Tata Letak atau Layout
  8. Kamu akan menemukan tampilan seperti gambar di atas. Pada Cross-Column yang berisi Laman, klik Edit.
    klik Edit
  9. Kamu akan menjumpai jendela baru. Di sana, kamu bisa memodifikasi urutan laman pada Urutan Daftar. Kamu juga bisa memilih laman mana saja untuk ditampilkan dengan memberi tanda check-list. Kamu bisa mengklik Pratinjau untuk melihat atau preview terlebih dahulu. Setelah selesai, klik Simpan.
    pengaturan laman
  10. Coba kamu lihat kembali gambar di atas, ada bagian Kiat. Dalam menyusun posisi laman, kamu bisa menggeser posisi gadget Cross-Column Laman pada Tata Letak. Jika terletak di atas posting, akan menjadi Tab. Jika diletakkan di samping, menjadi Daftar tautan. Pada intinya, fungsinya tetap sama.

Nah itu tadi cara membuat halaman pada blogspot. Halaman ini sebenarnya bermanfaat dan termasuk salah satu cara untuk memperindah blog.
Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Dream Bigger, Reach Higher: Am I Daydreaming? Is This Real?

Hai! Teori I, Teori II, dan Praktikum telah usai. Empat hari di Mataram telah kuceritakan pada dua bagian sebelumnya. Ini adalah bagian ketiga. Inilah bagian terakhir dari perjuangan OSTN SMK 2014 di Mataram, NTB. Don't miss this one!

Dream Bigger, Reach Higher: Second Round, the Decisive Battle

Hai! Olimpiade Sains SMK 2014 tingkat kota Jambi telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2014. Hasilnya, aku dan ketiga temanku yang lain berhasil lolos ke tingkat provinsi setelah masing-masing mendapat peringkat tiga besar kota. Di ronde kedua ini, tingkat provinsi, adalah ronde paling menentukan, apakah aku bisa atau tidak untuk mencapai target aku: mempertahankan prestasi tahun lalu dan mendapatkan medali. Jika berhasil menyabet juara pertama di ronde ini, maka dipastikan berangkat mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional.

Dream Bigger, Reach Higher: Kontingen Jambi 2014

Hai! Subjudul kali ini sengaja menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih enak dibaca dan lebih cocok, karena ini berisi tentang kontingen OSTN SMK 2014 dari provinsi Jambi. OSTN SMK 2014 tingkat provinsi Jambi telah usai. Juara pertama tiap bidang berhak mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional. Siapa saja mereka?