Skip to main content

Tips Buat Kamu yang Ikut Olimpiade Sains

Yuhuuu!Gue adalah alumni peserta Olimpiade Sains Nasional atau disingkat dengan OSN tahun 2014 jenjang SMK. OSN adalah salah satu event lomba yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemdikbud) setiap tahun dengan peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, guru, hingga SD-SMP PKLK.

OSN 2016 segera digelar. Tahun ini, bakal diadakan di kota Palembang, Sumatera Selatan. Wow! Peserta OSN bisa makan pempek terus, dong. Hihihi. Cobain deh kalau kamu berhasil menginjakkan kakimu di kota itu. Rasanya gak ada tandingannya!

Oke, stop ngomongin pempek. Sebagai kakak alumni yang baik #cielah, aku mau membagikan beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membuat kamu termotivasi dan bisa mencapai hasil yang baik. Bukan hanya OSN, tetapi semua olimpiade sains juga bisa pakai tips-tips berikut ini. Check 'em out!

1. Pastikan kamu mengetahui seluk-beluk kompetisi yang kamu ikuti!

Ini harus banget! Kamu harus mengenali dengan baik. Apa nama kompetisinya, lingkupnya lokal atau nasional, pesertanya siapa aja kira-kira, siapa penyelenggaranya, kapan dan di mana kompetisi akan digelar, apakah rutin diadakan atau baru pertama kali, seperti apa tingkat soal dan sistem penilaiannya, dan lain-lain.

Informasi tersebut secara sepintas memang tidak begitu penting. Tapi, justru dari informasi itu, kamu bisa cari tahu soal-soal tahun sebelumnya jika kompetisi ini diadakan setiap tahun. Atau kamu juga bisa cari tahu pengalaman peserta kompetisi itu melalui tulisan mereka di blog atau situasi kompetisi jika ada yang pernah mempublikasikan foto di media sosial.

Gimana dengan yang baru pertama kali? Gak masalah! Itu artinya semua peserta kompetisi itu juga belum dapat gambaran gimana-gimananya. Nah, kamu bisa mencari kompetisi serupa di internet.

Tapi, pada umumnya, sebagian besar kompetisi itu sama aja. Cuma beda penyelenggara, pembuat soal, dan lingkupnya.

Kebayang gak, kalau suatu hari kamu ditanya sama temanmu atau saudaramu, "Kamu ikut lomba, ya? Lomba apa? Kapan? Di mana? Lombanya seperti apa sih?" Tuh, kalau kamu sudah tahu seluk-beluk informasi kompetisi yang kamu ikuti, kamu bisa memberikan jawaban yang bukan hanya sekadar menggunakan kata "mungkin seperti ...".

2. Download soal-soal, ini mutlak wajib!

Supaya kamu benar-benar bisa menguasai materi dengan baik, kamu wajib mendownload soal-soal. Kamu bisa mengasah pemahaman materi.

Berhubung aku adalah alumni OSN, jadi aku punya tips tambahan: Pahami dan kuasailah soal satu tingkat di atas tingkat yang sedang kamu ikuti. Misalnya, saat kamu masih berlomba di tingkat kota, pahami dan kuasai soal tingkat kota dan provinsi. Ketika kamu sudah sampai di tingkat provinsi, pahami dan kuasai soal tingkat provinsi dan nasional. Dan ketika kamu tiba di tingkat nasional, lakukan hal serupa dengan soal tingkat nasional dan internasional. Gak ada salahnya kamu belajar satu tingkat di atas, supaya kamu bisa lebih mengeksplor pemahaman kamu. Bahkan, mempelajari soal dari negara lain juga tidak masalah!

Tapi, kalau kamu belum bisa menguasai karena terlalu berat bagimu, kamu bisa mempelajari soal-soal yang ringan dulu. Seperti soal-soal SBMPTN, soal UN, dan soal dari olimpiade lain.

3. Milikilah teman atau guru yang bisa kamu ajak untuk berdiskusi.

Percaya deh. Dengan berdiskusi, kamu bisa mendapatkan hal-hal baru. Tanya-jawab. Kalau cuma baca buku dan jawab soal, pengetahuan kamu mah gitu-gitu doang! Ajaklah temanmu yang juga pintar dalam bidang lomba yang kamu ikuti, atau guru yang membimbing kamu, untuk berdiskusi. Ambil satu bahasan atau kasus, bisa dari buku apapun, tentunya yang relevan dong. Lalu, diskusikan bersama.

Esensi dari poin ini adalah kamu belajar memahami bagaimana orang lain berpikir. Dan akan ada banyak hal yang belum terlintas dalam pikiranmu, tetapi orang lain mampu berpikir sampai situ. Satu poin plus buat kamu, bukan?

4. Berita di media juga perlu kamu ikuti.

Ini untuk memperluas wawasan. Terkadang, soal olimpiade juga bisa diambil dari kasus yang sedang hangat. Lalu, kamu akan diajak untuk berpikir dari sisi bidang lomba kamu.

Pada intinya, ada baiknya kamu mengetahui berita hangat sambil mendiskusikannya bersama teman atau gurumu, seperti pada poin nomer 3. Tapi soal tipe seperti ini belum kamu temukan di tingkat awal. Biasanya di tingkat yang sudah tinggi baru ada. Meski begitu, tak ada salahnya 'kan mengikuti perkembangan informasi dari sekarang?

5. Berdoa. Optimis dan realistis. Kuatkan tekad!

Paling penting nih, kamu harus berdoa! Restu dari Tuhan sangat penting. Berdoalah untuk dirimu sendiri dan teman-teman kamu. Jangan lupa buat berusaha juga. Kalau kamu cuma berdoa minta dipermudah biar bisa menang tanpa disertai usaha yang tekun, ya nol besar. Begitupun sebaliknya, belajar keras tapi enggak berdoa, juga susah.

Selain doa, camkan dalam hatimu bahwa kamu harus percaya pada dirimu sendiri. Jadilah optimis dan realistis. Lakukan yang terbaik, percaya bahwa kamu pasti bisa. Selalu memandang segala hal secara positif. Dan tentunya, tekad kamu juga harus kuat! Ketika kamu sudah bertekad untuk tidak mengecewakan orang-orang tersayangmu, rintangan bisa saja datang menghancurkan tembok tekad kamu. Kalau si rintangan berhasil, kamu bisa jadi pesimis deh... Dan akhirnya, ...ah, sudahlah.

Kuat!





Setiap kompetisi pasti ada yang menang dan kalah. Menang dan kalah dalam kompetisi sebenarnya hanya berbeda dalam hal penghargaan saja. Ketika menang, kamu dapat hadiah dan penghargaan. Ketika kalah, kamu enggak dapat apa-apa (miris, sedih deh~).

Yang perlu kamu fokuskan adalah tekad, doa dan usaha. Yakin pada dirimu sendiri. Lalu, apapun hasilnya kelak, kamu tidak boleh terlarut terlalu dalam. Evaluasi setiap hasil. Menang sekalipun, harus kamu evaluasi lagi, apa yang perlu kamu tingkatkan supaya pada kompetisi mendatang kamu bisa mempertahankan prestasi ini.

Semoga berhasil, ya, para Saintis Indonesia!

Comments

Popular posts from this blog

Dream Bigger, Reach Higher: Am I Daydreaming? Is This Real?

Hai! Teori I, Teori II, dan Praktikum telah usai. Empat hari di Mataram telah kuceritakan pada dua bagian sebelumnya. Ini adalah bagian ketiga. Inilah bagian terakhir dari perjuangan OSTN SMK 2014 di Mataram, NTB. Don't miss this one!

Dream Bigger, Reach Higher: Second Round, the Decisive Battle

Hai! Olimpiade Sains SMK 2014 tingkat kota Jambi telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2014. Hasilnya, aku dan ketiga temanku yang lain berhasil lolos ke tingkat provinsi setelah masing-masing mendapat peringkat tiga besar kota. Di ronde kedua ini, tingkat provinsi, adalah ronde paling menentukan, apakah aku bisa atau tidak untuk mencapai target aku: mempertahankan prestasi tahun lalu dan mendapatkan medali. Jika berhasil menyabet juara pertama di ronde ini, maka dipastikan berangkat mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional.

Dream Bigger, Reach Higher: Kontingen Jambi 2014

Hai! Subjudul kali ini sengaja menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih enak dibaca dan lebih cocok, karena ini berisi tentang kontingen OSTN SMK 2014 dari provinsi Jambi. OSTN SMK 2014 tingkat provinsi Jambi telah usai. Juara pertama tiap bidang berhak mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional. Siapa saja mereka?