Skip to main content

Because Sharing Is Caring ...

Setelah sekian lama enggak mempublikasikan tulisan apa-apa, akhirnya gue nyempatin diri buat bikin tulisan ini. HAHAHA.
Tak terasa, hampir sebulan gue udah tinggal jauh dari ortu. Gue sekarang udah jadi 'anak kos'! Setelah resmi menjadi bagian dari keluarga besar mahasiswa universitas gue, aktivitas perkuliahan pun dimulai. Kelas paling pagi dimulai jam 8, dan terakhir selesai jam 5 sore.

Kuliah itu beda banget ama sekolahan dulu. Kalau di SMA/SMK dan jenjang sekolahan lainnya, kita yang nungguin guru buat dateng ke kelas, sekarang malah sebaliknya. Mahasiswa yang berpindah-pindah nyari kelasnya. Jadi, misalnya gue dapet mata kuliah Agama di lantai 3 ruang 17 hari ini. Selesai mata kuliah itu, berikutnya ada Bahasa Inggris I di lantai 6 ruang 4. Nah, abis Agama, gue dan kawan-kawan kelas gue pindah deh ke kelas berikutnya, si Bahasa Inggris.

Selama ngampus, gue enggak disuruh harus pake seragam, kayak sekolah lagi. Gue boleh pake baju bebas, asal sopan dan rapi aja. Tapi, kadang bingung juga atuh, mikir besok make baju apa lagi yak. XD

Bukan hanya di situ. Kalau di sekolah kita dalam seminggu bisa dapet mata pelajaran yang sama berhari-hari, di kuliahan mah kagak gitu. Satu mata kuliah dibabat abis jamnya dalam sekali pertemuan. Jadi gue cuma ketemu kelas Agama tadi sekali seminggu. Tapi, ada tapinya. Sekali pertemuan bisa berjam-jam, tergantung berapa SKS. Wah-wah! Bayangin deh kalau dapat Matematika Diskrit di mana gue dapet 3 SKS dan itu artinya belajar mata kuliah itu sekitar 3 jam non-stop!

Namun, ada lagi yang paling kece menurut gue. Pemikiran mahasiswa dan cara mengajar dosen itu beda jauh dengan sekolahan punya. Temen-temen gue udah mulai berpikiran lebih kritis, walaupun 'baru' lebih kritis. Sehingga gue otomatis juga belajar berpikir seperti itu. Dosennya juga udah enggak ngajar dengan terpaku 100% pada textbook. Intinya, penjelasan dosen yang harus dicamkan baik-baik. Wkwkwkwk. Di sini, gue belajar untuk menjadi lebih dewasa, peka terhadap lingkungan dan berani dengan perubahan. AZEK.

But overall, gue sangat menikmati semua perbedaan yang signifikan itu. Gue menjumpai banyak orang dari berbagai daerah. Di universitas gue, emang udah pasti mayoritasnya adalah warga sini, alias warganya Jabodetabek. Meski begitu, gue juga ga susah buat nemuin warga dari kota lain, seperti Jambi (kampung halaman kedua gue), Palembang, Pekanbaru, Batam, Pontianak, hingga warga Sulawesi juga ada.

Walaupun sejujurnya gue masih susah ngomong pake bahasa Jakarta sini, karena bahasa Jambi gue masih kental (kadang bisa keceplos juga wkwkwk), tapi melihat sekeliling gue, cepat atau lambat gue juga bakal tertular. Buktinya gue udah mulai pake 'lu' 'gue'.

Oh ya. Di semester 1 ini, masih sistem paket. Jadi mata kuliah gue selama satu semester ini udah diatur dan gue ga usah ribet mikirin mau ambil mata kuliah apa dan kapan. Dan, temen sekelas gue sekarang bakal bersama untuk satu semester ini. Sekarang sih, gue udah mulai asik sama mereka.

Karena gue ambil jurusan Teknik Informatika, isi satu kelas gue itu didominasi oleh para lelaki gamers. Huahaha. Kelas gue cuma ada 6 orang cewe. Tapi, asik sih.

Gue cuma dapet 18 SKS di semester ini. Entar semester berikutnya, kalau ga salah gue dapet 20 SKS. Semester dua juga masih sistem paket, jadi udah diatur dari sananya. Gue sih berharap, bisa sekelas ama temen gue yang sekarang lagi. Karena gue udah 'terlanjur jatuh cinta' ama temen kelas gue. Mereka adalah temen seperjuangan gue :')

Selain sibuk berkutat ama buku, gue juga berusaha luangin waktu buat ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Meskipun masih dalam tahap seleksi dan belum resmi jadi anggota, gue mah calonin aja di lebih dari satu UKM. Jadi kalo enggak keterima di yang satu, masih ada satu lagi. Tapi kalo enggak keterima keduanya, yah gue nyari kegiatan lagi. Daripada abisin waktu di dalam kamar kos doang, enggak hasilin apa-apa. Bener, kan?

Alright. Gue rasa sih itu aja dulu kali yak, yang bisa gue share sekarang. Sharing is caring. That's why ketika ada pengalaman apa gitu, gue bakal berusaha buat share di blog gue. Selain nambah artikel, juga bisa ngasih inspirasi buat orang lain (semoga).

That's all for this time. Thank you for reading. Have a nice day! :D

Comments

Popular posts from this blog

Dream Bigger, Reach Higher: Am I Daydreaming? Is This Real?

Hai! Teori I, Teori II, dan Praktikum telah usai. Empat hari di Mataram telah kuceritakan pada dua bagian sebelumnya. Ini adalah bagian ketiga. Inilah bagian terakhir dari perjuangan OSTN SMK 2014 di Mataram, NTB. Don't miss this one!

Dream Bigger, Reach Higher: Second Round, the Decisive Battle

Hai! Olimpiade Sains SMK 2014 tingkat kota Jambi telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2014. Hasilnya, aku dan ketiga temanku yang lain berhasil lolos ke tingkat provinsi setelah masing-masing mendapat peringkat tiga besar kota. Di ronde kedua ini, tingkat provinsi, adalah ronde paling menentukan, apakah aku bisa atau tidak untuk mencapai target aku: mempertahankan prestasi tahun lalu dan mendapatkan medali. Jika berhasil menyabet juara pertama di ronde ini, maka dipastikan berangkat mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional.

Dream Bigger, Reach Higher: Kontingen Jambi 2014

Hai! Subjudul kali ini sengaja menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih enak dibaca dan lebih cocok, karena ini berisi tentang kontingen OSTN SMK 2014 dari provinsi Jambi. OSTN SMK 2014 tingkat provinsi Jambi telah usai. Juara pertama tiap bidang berhak mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional. Siapa saja mereka?