Skip to main content

Yuk, Donor Darah!

Donor Darah

Menurut Wikipedia.com, donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah. Mendonorkan sebagian kecil darah kita sama dengan menyumbangkan sebagian kecil darah kita kepada orang yang membutuhkan. Kegiatan donor darah ini sangat berarti dan berharga. Menyumbang darah sama dengan menyelamatkan jiwa seseorang.
Selain membantu orang lain, donor darah juga bermanfaat bagi tubuh kita. Sel darah akan berganti setiap 120 hari sekali atau sekitar 4 bulan. Kegiatan donor darah membantu sel darah merah dalam memperlancar produksi kembali. Donor darah dianjurkan dilakukan setiap minimal 3 bulan sekali. Jadi, donor darah memberi manfaat untuk kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Karena darah yang kita donorkan akan diberikan pada orang yang membutuhkan, maka seorang donor harus memenuhi syarat-syarat mendonor darah. Sebab, darah yang ditransfusikan nanti akan mempengaruhi penerima darah.
Sebagian orang mengatakan takut pada jarum suntik sehingga menolak melakukan kegiatan kemanusiaan ini. Ada lagi yang mengatakan jarum suntiknya tidak steril. Sebenarnya, kita tidak akan merasakan sakit saat jarum suntik menyentuh kulit lengan kita. Bersikap tenang dan jangan tegang saat donor darah. Jarum tentunya harus steril. Maka, donorkan darah pada instansi yang memang betul-betul menjamin hal tersebut, seperti PMI. Donor darah dapat berlangsung 5-15 menit, tergantung pada kecepatan darah yang mengalir.

Persyaratan Donor Darah

Tak sulit untuk menjadi seorang penderma darah. Berikut syarat donor darah seperti yang dimuat dalam situs Palang Merah Indonesia (PMI).
  1. Berusia 17-60 tahun,
  2. Berat badan minimal 50 kg,
  3. Tekanan darah 100-180 (sistole) dan 60-100 (diastole),
  4. Mengisi formulir pendaftaran,
  5. Lulus pemeriksaan berat badan, tekanan darah, dan kandungan hemoglobin,
  6. Individu dengan kondisi seperti alkoholik, menderita penyakit menular, hepatitis, diabetes melitus, epilepsi; berisiko AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influenza; wanita yang sedang hamil, menyusui, menstruasi; baru saja dicabut giginya kurang dari 3 hari; pernah menerima transfusi kurang dari setahun; menato, menindik, atau akupuntur kurang dari setahun untuk sementara waktu tidak dapat menjadi donor.

Proses Kegiatan Donor Darah

Calon donor harus memenuhi syarat-syarat di atas demi keamanan dan kesehatan donor dan penerima darah. Setelah itu, calon donor wajib mengisi formulir pendaftaran. Kemudian, calon donor akan melakukan pemeriksaan berat badan, tekanan darah, dan kandungan hemoglobin serta golongan darah. Setelah dinyatakan lulus dari tes, barulah kegiatan donor darah dapat dilakukan. Sebelum memasukkan jarum, lengan akan diperiksa atau dideteksi dahulu letak pembuluh darah si donor. Setelah menemukan letaknya, panitia atau petugas donor darah akan mengoleskan cairan di tempat tersebut. Jarum akan 'disambungkan' pada pembuluh darah di lengan. Kemudian, darah akan mengalir masuk ke dalam kantong darah yang telah tersambung. Darah yang telah didonorkan akan diperiksa kembali komposisi dan ada tidaknya penyakit di dalamnya. Darah yang terdeteksi mengandung penyakit menular tidak akan diberikan kepada penerima darah, karena dikhawatirkan dapat menular pada penerima darah tersebut.




Jadi, tunggu apa lagi? Jika syarat telah terpenuhi, langsung saja pergi ke kantor PMI di kotamu. Yuk, donor darah!

Setetes darah kita selamatkan nyawa mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Dream Bigger, Reach Higher: Am I Daydreaming? Is This Real?

Hai! Teori I, Teori II, dan Praktikum telah usai. Empat hari di Mataram telah kuceritakan pada dua bagian sebelumnya. Ini adalah bagian ketiga. Inilah bagian terakhir dari perjuangan OSTN SMK 2014 di Mataram, NTB. Don't miss this one!

Dream Bigger, Reach Higher: Second Round, the Decisive Battle

Hai! Olimpiade Sains SMK 2014 tingkat kota Jambi telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2014. Hasilnya, aku dan ketiga temanku yang lain berhasil lolos ke tingkat provinsi setelah masing-masing mendapat peringkat tiga besar kota. Di ronde kedua ini, tingkat provinsi, adalah ronde paling menentukan, apakah aku bisa atau tidak untuk mencapai target aku: mempertahankan prestasi tahun lalu dan mendapatkan medali. Jika berhasil menyabet juara pertama di ronde ini, maka dipastikan berangkat mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional.

Dream Bigger, Reach Higher: Kontingen Jambi 2014

Hai! Subjudul kali ini sengaja menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih enak dibaca dan lebih cocok, karena ini berisi tentang kontingen OSTN SMK 2014 dari provinsi Jambi. OSTN SMK 2014 tingkat provinsi Jambi telah usai. Juara pertama tiap bidang berhak mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional. Siapa saja mereka?